Wisata Bumi Parahyangan Yang Tak Boleh Terlupakan

Bandung, ibukota provinsi Jawa Barat yang kerap dijuluki bumi parahyangan ini memiliki panorama alam yang indah terutama di area Bandung Selatan. Beragam tempat wisata di kota ini selalu menarik untuk dikunjungi.

Wisata Alam di Bandung Jawa Barat

Soal wisata alam, Bandung tidak usah diragukan lagi keindahannya. Lokasinya yang mudah dijangkau baik dengan kendaraan umum seperti bus atau kereta, namun sangat disarankan untuk membawa kendaraan pribadi agar bisa eksplor lebih jauh daerah ini. Berikut ini beberapa destinasi wisata alam yang harus dikunjungi.

* Perkebunan Teh Ranca Bali

Perkebunan Teh Ranca Bali terletak di daerah Ciwidey, Kabupaten Bandung. Pepohonan yang cukup rimbun dan pohon teh yang berbaris rapi bagaikan karpet yang terlihat begitu indah dan menawan di mata. Perkebunan Teh Ranca Bali lokasinya dekat dengan Kawah Putih dan Situ Patenggang. Area perkebunan ini jauh lebih menarik karena dirancang dengan kreatif sehingga pemandangan di area ini berbeda dari perkebunan teh lainnya seperti di Puncak Bogor. Perkebunan ini berada pada posisi yang lebih rendah dari pinggiran jalan tidak seperti perkebunan teh lainnya yang berada di tempat tinggi. Terdapat air terjun di dekat perkebunan ini yang terletak di sisi jalan menuju Situ Patenggang. Lintasan jalan untuk para pemetik daun teh terlihat bagaikan mosaik yang membentang pada permadani hijau berupa pepohonan teh. Area perkebunan ini selalu menarik untuk diabadikan dalam bidikan lensa kamera. Tak jarang tempat ini dijadikan lokasi pemotretan pre wedding.

Jika datang ke tempat ini naik mobil pribadi dari Jakarta harus melewati tol Cipularang, lalu keluar pintu tol Kopo dilanjutkan dengan melewati Jl. Terusan Kopo – Soreang. Kemudian belok ke kanan arah Jl. Raya Soreang – Ciwidey. Jika naik kendaraan umum dari Jakarta naik bus ke arah Terminal Leuwipanjang Bandung dengan membayar sekitar Rp.50.000. Dari Terminal Bus Leuwipanjang dilanjutkan naik angkot ELF atau Bus Putra Setia jurusan Bandung — Ciwidey. Setelah tiba di Ciwidey, naik angkot Jurusan Ciwidey – Situ Patengan dengan ongkos Rp.6.000 per orang. Alternatif lainnya dengan naik mobil travel jika ada yang sampai ke Ciwidey atau turun di Terminal Leuwi Panjang.

* The Lodge Maribaya

Pemandangan hutan pinus yang dikemas dengan berbagai wahana menarik membuat area The Lodge Earthbound di Maribaya ini menjadi tempat liburan yang sangat menarik. Tersedia berbagai permainan outdoor seperti paintball, flying fox dan yang paling hitz adalah ayunan dengan pemandangan alam terbuka. Tempat ini sedang naik daun sehingga banyak pengunjung yang datang terutama pada akhir pekan. Tempat ini buka setiap hari dari pukul 10.00 hingga 17.00 sore sehingga Anda harus datang agak pagi agar tempat ini tidak berjubel. Harga tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang dengan mendapat soft drink sebagai welcome drink. Tempat ini semakin asik untuk dinikmati karena terdapat café-café cantik yang berhiaskan pemandangan alam. Desain café yang unik dan cantik semakin bertambah nilai estetisnya karena panorama latar belakangnya.

* Dago Pakar

Dago pakar merupakan kawasan wisata paling terkenal di Bandung. Beberapa tempat wisata tersaji dengan kemewahan pemandangan alam dan udara yang sejuk. Terdapat banyak pilihan tempat menarik yang bisa dijelajahi seperti goa, air terjun, hingga tempat nongkrong seperti café yang berada di atas bukit dengan pemandangan alam yang indah. Untuk lokasinya berada di jalan dako pakar, Bandung yang sangat ramai didatangi oleh wisatawan lokal dan luar daerah pada akhir pekan. Anda bisa memilih salah satu atau beberapa tempat menarik di area Dago Pakar sesuai keinginan.

* Kawah Putih

Kawah Putih selalu terkenal dan banyak didatangi oleh para wisatawan karena eksotisme pemandangannya. Kawah putih yang terbentuk dari letusan gunung patuha ratusan tahun lalu ini sangat menarik karena ada efek berasap dari kawah-kawah dan aroma belerang menjadi ciri khas tempat ini. Tempat ini sering dijadikan lokasi pemotretan pre wedding dan event lainnya seperti pemotretan majalah bahkan syuting film. Lokasi kawah putih berada di Jalan Raya Soreang Ciwidey, Bandung. Sebaiknya Anda menyewa kendaraan atau membawa kendaraan pribadi untuk datang ke tempat ini walaupun ada juga kendaraan umum yakni angkot dari terminal Leuwi Panjang menuju ke terminal Ciwidey. Dari terminal Ciwidey naik angkot lagi menuju Situ Patenggang dan turun di depan gerbang Kawah Putih. Tempat ini selalu ramai didatangi oleh wisatawan karena pemandangan indah berwarna putih dan biru kawah ini.

Kepoin Yang Ini Ini Paket Wisata Pulau Biawak Indramayu Beserta Penginapannya Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari biasa, hari libur dan akhir pekan adalah sama yaitu 15.000 Rupiah per orang. Namun membawa kendaraan pribadi memang sangat mahal namun Anda bisa mengangkut keluarga. Berikut ini biaya parkir di Kawah Putih.

* Parkir atas (mobil): 150.000 Rupiah
* Parkir atas (motor): 35.000 Rupiah
* Ontang-anting: 13.000 Rupiah
* Parkir bawah (mobil): 6.000 Rupiah
* Parkir bawah (motor): 5.000 Rupiah
* Parkir bawah (bus): 25.000 Rupiah

Jika naik kendaraan umum atau parkir kendaraan di area parkiran bawah maka Anda bisa naik ontang-anting menuju kawah. Ontang-anting dalam bahasa Sunda berarti ‘mondar mandir’ yang menjadi sebutan untuk kendaraan khas Kawah Putih Ciwidey. Kendaraan ini berupa mini bus yang telah dimodifikasi menjadi terbuka dan dilengkapi dengan pengaman yang bisa diisi maksimal 12 orang.

* Farm House The Hobit

Farm House Lembang atau yang dikenal dengan nama The Hobbit ini sedang naik daun. Tempat ini kerap menjadi biang kemacetan jalan raya karena antrian masuk para pengunjung ke area wisata ini. Terdapat rumah hobit, rumah gaya eropa, kafe, dan air terjun mini yang didesain unik sehingga para pengunjung seperti berada di luar negeri. Untuk anak-anak ada kandang hewan yang bisa diberi makan sehingga mereka pasti senang bermain di sana. Lokasi Farmhouse Lembang cukup strategis karena berada di pinggir jalan raya Bandung – Lembang. Alamat lengkap Farm House Lembang yaitu Jl. Raya Lembang No.108, Gudangkahuripan, Lembang, Bandung Barat.

Kepoin Yang Ini Wisata Ke Taman Cikole Lembang Bandung Jika naik kendaraan pribadi maka Anda hanya perlu menuju jalan utama Bandung – Lembang. Jika naik tol maka keluar di gerbang pasteur dan melanjutkan perjalanan ke arah jalan sukajadi – jalan setiabudi – ledeng dan lurus terus sampai di lokasi. Anda bisa juga keluar di gerbang tol baros Cimahi dengan melewati rute alternatif Cimahi – Parongpong – Lembang. Dari pertigaan Parompong – Lembang maka Anda tinggal belok kanan ke arah Bandung. Jika naik angkutan umum maka naik angkot jurusan stasiun hall – Lembang atau dari Stasiun Bandung, atau dari jalan setiabudi atas/ UPI/ terminal ledeng. Agar lebih mudah sebaiknya naik ojek online. Harga tiket masuk Farmhouse Lembang cukup terjangkau, namun harga ini bisa berubah sewaktu-waktu.

* Harga tiket masuk Rp 25.000
* Parkir mobil Rp 10.000
* Parkir motor Rp 5000

Farmhouse Lembang dibuka mulai dari pukul 09.00 s/d 21.000 WIB. Harga tiket masuk sudah termasuk welcome drink berupa susu murni yang bisa dipilih rasanya. Harga parkir yang tercantum adalah harga parkir di dalam area. Jika parkir di luar karena di dalam penuh mungkin Anda akan dimintai uang parkir hingga Rp 30.000 per mobil.

About admin

Check Also

Wisata Ke Taman Cikole Lembang Bandung

Cikole merupakan sebuah desa yang berada di daerah Lembang Bandung Barat, biasanya orang mengenal daerah …