Mengenal Lebih Jauh Tentang Polis Asuransi
Mengenal Lebih Jauh Tentang Polis Asuransi

Mengenal Lebih Jauh Tentang Polis Asuransi

Dalam asuransi, pasti seringkali kita mendengar istilah polis asuransi. Polis asuransi adalah dokumen kontrak antara pihak asuransi sebagai penanggung dan nasabah sebagai tertanggung yang terdiri dari ketentuan-ketentuan, seperti data polis, lampiran premi asuransi, tabel manfaat, pasal pengecualian dan sebagainya.

Bisa dikatakan jika polis ini merupakan dokumen perjanjian sah yang berisi hak, kewajiban dan tanggung jawab antara kedua belah pihak yang telah disepakati untuk melindungi kepentingan bersama. Untuk informasi selengkapnya bisa dilihat di lifepal.co.id/media/polis-asuransi.

Namun, sebagian orang enggan membaca polis asuransi sampai habis karena dinilai sebagai dokumen yang memiliki halaman tebal dan berisikan banyak hal. Padahal, banyak informasi yang tertera di dalamnya, mulai dari hak dan kewajiban pihak tertanggung maupun penanggung (perusahaan asuransi) dan beberapa informasi penting lainnya.

Mengenal tentang Polis Asuransi

  • Fungsi Polis Asuransi

Seperti yang sudah dibahas di atas, polis asuransi merupakan dokumen kontrak yang legal antara pihak penanggung dan tertanggung. Oleh karena itu, fungsi polis juga terbagi berdasarkan kepentingan kedua belah pihak.

Bagi nasabah atau pihak tertanggung, polis memiliki fungsi sebagai bukti tertulis yang sah atas jaminan pertanggungan untuk berbagai risiko yang kemungkinan terjadi. Selain itu, polis ini juga bisa menjadi bukti nasabah untuk menuntuk pihak penyedia asuransi apabila terjadi kelalaian dalam memenuhi hak-hak mereka.

Sedangkan bagi perusahaan asuransi, polis berfungsi sebagai bukti tertulis atas manfaat dan pertanggungan yang diberikan kepada nasabah. Polis asuransi ini juga bisa digunakan sebagai bukti otentik yang sah untuk menolak tuntutan klaim yang pihak tertanggung ajukan apabila klaim tersebut tidak memenuhi ketentuan polis.

  • Informasi yang Ada di Dalam Polis

Setelah mengetahui apa itu polis asuransi dan fungsinya bagi kedua belah pihak, ketahui pula informasi umum yang ada atau tercantum di dalam polis berikut ini!

  • Rangkuman Polis

Pada rangkuman polis ini, kita harus mengecek dengan teliti apakah data seperti di bawah ini sudah benar atau belum. Data-data tersebut ialah sebagai berikut:

  1. Nama lengkap dan tanggal lahir
  2. Nama lengkap penerima manfaat dan persentase pembagian
  3. Jenis produk
  4. Masa pertanggungan
  5. Mata uang (IDR atau USD)
  6. Daftar nilai tunai yang dijaminkan (jika ada)
  • Rincian Alokasi Premi

Dalam rincian alokasi premi, beberapa hal ini yang harus kita perhatikan, di antaranya:

  1. Waktu pembayaran premi (per bulan, per 6 bulan atau per tahun)
  2. Metode pembayaran premi. Seperti transfer, autodebet dari kartu kredit atau rekening
  3. Rincian premi
  4. Presentase alokasi investasi (jika ada)
  • Pasal-Pasal dan Penjelasan

Banyak sekali informasi yang tercantum pada bagian pasal-pasal dan penjelasan ini. Biasanya, kita bisa mencari tahu mengenai istilah, peraturan dan ketentuan hukum yang diatur oleh perusahaan asuransi.

  • Tabel Manfaat

Pada bagian tabel manfaat, kita akan menemukan rincian manfaat pertanggungan dari produk asuransi yang dimiliki. Umumnya, bagian ini berisikan:

  1. Rincian manfaat rawat inap dan pembedahan
  2. Rincian manfaat penyakit kritis
  3. Rincian manfaat perawatan darurat
  4. Rincian manfaat tambahan dan lain-lain

Demikianlah ulasan mengenai polis asuransi yang perlu kita ketahui. Sebab, jika tidak mengerti isinya secara keseluruhan, bisa-bisa kita tidak bisa mendapatkan fungsi dan manfaat polis sebagaimana mestinya.

Oleh karena itu, jangan malas untuk membaca dokumen polis meski sangat membosankan. Ini agar kita benar-benar mengetahui informasi penting hingga ketentuan hukum dari perusahaan asuransi sebelum memutuskan membeli asuransi sesuai yang dibutuhkan.

Untuk masalah premi asuransi, bisa dilihat melalui link lifepal.co.id/media/premi-asuransi. Semoga bermanfaat, ya!

About admin